Kamis, 05 Desember 2019

Frozen Shoulder Nyeri Bahu Seri 2




Penyebab Nyeri Bahu Dan Punggung Bagian Atas.
Seri 2

Musim penghujan telah datang, penyakit yang timbul akibat dingin karena datangnya musim hujan sekarang mulai  bermunculan diantaranya adalah  frozen shoulder.

Struktur tulang belikat cukup kompleks sehingga lebih rentan terhadap cedera. Dalam keseharian, tangan selalu aktif sehingga menyebabkan ketegangan pada otot bahu. Berbagai aktivitas seperti mengangkat belanjaan, menggendong anak, melakukan pekerjaan rumah atau saat bermain bersama anak. Jadi, tangan serta bahu sering mendapat tekanan sehingga berpotensi menimbulkan nyeri pada tulang belikat. Selain itu masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab nyeri pungung atau back pain diantara tulang belikat.

Cedera atau Trauma.
Cedera struktural tulang atau ligamen bahu bisa menyebabkan nyeri punggung bagian atas yang parah.

Cedera Otot Rotator Cuff.
Otot rotator cuff mengendalikan dan menstabilkan gerakan bahu. Bila otot ini cedera maka bisa menimbulkan nyeri punggung bagian atas terutama saat mengangkat lengan.

Osteoporosis.
Osteoporosis menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi lemah. Kondisi ini dapat memicu nyeri pada bahu.

Sikap Tubuh yang Salah.
Sikap tubuh yang salah saat tidur, duduk, bermain, bekerja, atau berdiri merupakan penyebab sederhana yang memicu terjadinya nyeri pada bahu.

Usia. Degenerasi cervical spine atau tulang leher karena penuaan atau penyakit tulang dapat menyebabkan nyeri tulang belikat.

Tendonitis.
Tendonitis terkadang akibat dari arthritis kronis dapat menjadi penyebab nyeri bahu. Peradangan tendon pada bahu menyebabkan nyeri punggung bagian atas.

Operasi.
Pada kasus operasi kanker payudara, luka potong di payudara dan di ketiak dapat menyebabkan nyeri pada tulang belikat.

Radang Sendi atau Arthritis.
Arthritis merupakan penyebab utama nyeri bahu, terutama pada orang tua. Arthritis menyebabkan disfungsi pada sendi tulang rusuk belakang dan punggung bagian atas sehingga mengakibatkan nyeri sendi.

Kram Otot.
Kram otot saat berolahraga atau saat melakukan pekerjaan sehari-hari bisa menyebabkan nyeri yang parah pada bahu atau tulang belikat.

Gangguan Pernapasan.
 Pneumonia, emboli paru, maupun pleurisy atau radang selaput paru-paru akibat infeksi pernapasan, dapat memicu nyeri punggung kronis dan nyeri pada bahu. Masalah paru-paru menyebabkan bahu menjadi sakit saat bernapas dalam.

Diet Tidak Sehat.
Kekurangan vitamin atau mengonsumsi terlalu banyak lemak saat makan, bisa melemahkan otot bahu sehingga menimbulkan nyeri pada otot bahu. Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi makanan olahan, junk food, atau makanan yang tidak bergizi akan mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi akan membuat otot bahu melemah dan menimbulkan nyeri punggung bagian atas.

Stres yang Berlebihan.
Stres fisik maupun psikologis yang berlebihan bisa memicu nyeri punggung atas. Orang yang mengalami depresi biasanya akan selalu mengeluh tentang sakit punggung.

Solusinya :  Terapi trigger point, bekam, dan moksibusi,  untuk sakit frozen shoulder bisa hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247

#notaverrijp
#theraafiat
#therainstitute
#salahgerak
#kesleo
#terkilir
#rehabsendi
#rehabsyaraf
#syarafkejepit
#sportmassage
#frozenshoulder
#tortikolis
#cts
notaverrijp, theraafiat, therainstitute, salahgerak, kesleo, terkilir, rehabsendi, rehabsyaraf, syarafkejepit, sportmassage, frozenshoulder, tortikolis, cts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar