Jumat, 02 November 2018

Urut Sakit Bahu atau Frozen Shoulder



Frozen Shoulder Sakit Bahu
Apa itu frozen shoulder (nyeri bahu)?

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang membuat bahu susah digerakkan. Nyeri bahu ini mengakibatkan ruang di dalam sendi bahu mengecil secara bertahap.

Frozen shoulder adalah kondisi yang dapat berkembang dalam beberapa fase. Pada tahap pertama, Anda mulai merasakan nyeri bahu dan tangan sulit bergerak. Tahap ini biasanya berlangsung sekitar 4 bulan.

Lalu dalam 4 bulan ke depan, Anda masih akan merasa sangat sakit. Anda dapat menggerakkan lengan tapi hanya sedikit.

Sedangkan pada tahap terakhir, bahu tidak lagi menjadi kaku, nyeri berangsur-angsur menghilang, dan lengan bisa bergerak kembali. Tahap ini juga berlangsung sekitar 4 bulan dalam kebanyakan kasus.

Seberapa umum frozen shoulder (nyeri bahu)?

Orang berusia 40 tahun atau lebih tua, terutama wanita, lebih rentan terhadap frozen shoulder. Nyeri atau sakit bahu ini dapat terjadi pada orang-orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah operasi, seperti stroke atau mastektomi.

Tanda-tanda & gejala
Apa saja tanda-tanda dan gejala frozen shoulder (nyeri bahu)?

Ketika Anda mengalami frozen shoulder, Anda akan mengalami rasa sakit di sekitar daerah bahu, dimulai pada tulang sendi bahu dan menyebar ke area sekitarnya, termasuk tulang belikat, dan klavikula. Rasa sakit dapat menyebar ke otot-otot lengan. Anda terus-menerus mengalami sakit, bahkan pada saat istirahat dan pada malam hari.

Selain rasa sakit, kemampuan Anda untuk bergerak menjadi lebih terbatas. Misalnya Anda merasa sangat sulit untuk mengangkat lengan.

Penyebab
Apa penyebab frozen shoulder (nyeri bahu)?

Penyebab frozen shoulder belum ditemukan. Penyebabnya kemungkinan karena tidak bergerak untuk waktu yang lama, seperti ketika mengenakan perban dan gips setelah cedera, setelah operasi, atau patah lengan. Frozen shoulder juga lebih mungkin terjadi pada orang yang mengidap diabetes.

Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko frozen shoulder (nyeri bahu)?

Beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri bahu adalah:

Usia. Orang tua lebih mungkin untuk menderita penyakit ini.

Bahu tidak digerakkan. Terlalu lama istirahat di tempat tidur karena cedera bahu; berkurangnya mobilitas sendi karena cedera, patah lengan, stroke, pasca-operasi.

Punya penyakit lainnya seperti diabetes, masalah kelenjar tiroid (misalnya hipertiroidisme dan hipotiroidisme), TBC, Parkinson, atau stroke.

Obat & Pengobatan
Apa saja pilihan pengobatan saya untuk frozen shoulder (nyeri bahu)?

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang bisa diatasi dengan terapi fisik atau fisioterapi dengan ahlinya.

Kemungkinan dokter juga akan memberikan perawatan yang berbeda, termasuk obat anti-inflamasi (NSAID) penghilang rasa nyeri. Kadang-kadang, pasien akan diresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat jika NSAID tidak berhasil.

Kunci untuk pemulihan adalah mempertahankan gerakan bahu. Fisioterapi dan latihan di rumah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempertahankan gerakan lengan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk frozen shoulder (nyeri bahu)?

Biasanya melalui pemeriksaan fisik. untuk mengetahui kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala seperti osteoarthritis, tumor, dan dislokasi sendi bahu.

Pengobatan di rumah
Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan untuk mengatasi nyeri bahu?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi bahu beku.

Olahraga sesuai saran. Ikuti bimbingan dari ahli fisioterapi.

Cobalah bergerak secara normal, sebab bahu yang jarang digerakkan justru menjadi penyebab penyakit ini.

Untuk urut sakit bahu  bisa mengkombinasikan beberapa metodik terapi seperti  dengan metodik trigger point yakni dengan menggabungkan beberapa terapi seperti terapi urut saraf, totok saraf, moksibusi, dan kop.

Pengobatan tradisional ini bisa hubungi :
Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247
Ibu Sholeh +62 896-2697-9941

Frouzen Shoulder, Urut Sakit Bahu, Bahu Sakit, Verri JP MA, Thera Afiat, Kelapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar