Minggu, 29 September 2019

CTS



CTS

Sindrom lorong karpal, Bahasa Inggrisnya  Carpal Tunnel Syndrome, disingkat CTS adalah penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan parestesia yaitu kesemutan atau seperti terbakar.

Lorong karpal adalah lorong sempit di dalam pergelangan tangan yang dibentuk oleh tulang pergelangan tangan atau tulang karpal dan jaringan penghubung antar tulang biasa disebut ligamen. Di dalam lorong karpal ini terdapat saraf median, yang berfungsi untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit di daerah tangan.

 Penyebab dari carpal tunnel syndrome adalah tertekannya saraf di pergelangan tangan. Tekanan pada saraf ini bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal. Salah satunya adalah keretakan tulang pergelangan tangan, sehingga menyebabkan pembengkakan jaringan di sekitarnya.  

Untuk mengobati CTS, penderita perlu menghindari kegiatan yang banyak menggunakan tangan dan jari tangan, serta menggunakan penyangga pada pergelangan tangan  atau wrist support.

Bisa juga dengan senam peregangan pergelangan tangan.
Caranya ;
1. Lepaskan jari-jari tangan keluar menjauhi jempol, kepala ikut menggeleng ke arah tangan yang sedang diregangkan.

2. Tekan tangan pada posisi kebawah.

3.tarik tangan perlahan-lahan ke dalam. Rasakan regangan pada pergelamgan tangan. Kepala ikut tertarik ke dalam.

4.tarik tangan perlahan ke luar seraya kepala ikut bergerak keluar menjauhi ibu jari. Rasakan sisi tengah pergelangan tangan.

Apabila sudah dicoba dengan cara yang tersebut di atas dan belum bisa tersembuhkan, coba cara pengobatan tradisional urut accupressure, bekam kering, dan moksa HNP di :

Rumah Sehat Thera Afiat
Perum Bermis Gading
Jl. Flamboyan Flat B3/7
Kelapa Gading
Jakarta Utara

WA 08111494599
Hp 087883171247

 CTS, Syaraf kejepit, Syaraf Terjepit, Verri JP MA, Kelapa Gading, Bermis Gading, Carpal Thunnel Syndrome, syndrom terowongan Karpal,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar