Senin, 23 Maret 2015

Sejarah dan Perkembangan Sport Massage

Sejarah & Perkembangan Sport Massage

Dalam perkembangannya tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemeliharaan tubuh saja tetapi juga sebagai terapi pengobatan. Pertamakali sport massage diperkenalkan dan diaplikasikan untuk para olahragawan adalah negara Yunani dengan maksud untuk menjaga tingkat kebugaran para olahragawan.

Di Cina sekitar tahun 3000 SM khususnya dunia kedokteran tradisional, sport massage bertujuan untuk mengaktifkan sirkulasi darah dan hormonal, sebagai alat penenang (sedative), perangsang persyarafan dan sebagai sarana pengobatan bermacam penyakit.

Di Mesir kuno masih tercatat didinding bahwa massage merupakan metode pengobatan penyakit atau luka akibat kecelakaan atau peperangan (tercatat pada dokumen raja Fir’aun di relief, papyrus dan pada dinding gambar).

Herodicos seorang dokter dan pesenam Yunani menceritakan tentang pengaruh senam pengobatan dan latihan fisik serta massage dengan tujuan menyehatkan jiwa dan raga. Hipocrates seorang dokter dalam kedokteran modern mengenal dan mempelajari sport massage pada Herodicos dan menulis tentang pengaruh sport massage pada system fisiologis tubuh khususnya pada pasien luksasi / keseleo, fraktur / patah tulang dan pasien lain serta sport massage akan membuat system persendian akan menjadi kuat dan kemudahan untuk memobilisasi / menggerakkan persendian yang kaku.

Para dokter Yunani menggunakan sport massage untuk mempersiapkan fisik olahragawan sebelum bertanding dan untuk melawan tingkat kelelahan setelah latihan fisik yang berat. Para Aliptes / ahli massage olahraga biasa menggunakan minyak dan powder / tepung atau talk untuk memanipulasi / melulut atau memijat otot-otot olahragawan sedangkan olahragawan sendiri juga dibekali dengan ketrampilan sport massage mandiri / Automassage.

sports injury massage (Pijat kecederaan olahraga) akan membantu melakukan relaksasi terhadap otot-otot, mengembalikan orang tersebut ke kondisi semula sesudah dipakai melakukan aktifitas yang cukup berat, berolahraga/beraktifitas beberapa hari berturut-turut, memperbaiki keterbatasan sistem gerak, pembetulan otot, syaraf, persendiaan & sistem rangka (Neuromusculoskeletal).

"Bedanya sports massage sama massage biasa adalah sports massage lebih ditujukan ke manipulasi jaringan otot, persendian, sistem gerak & harmonisasinya, untuk menghilangkan timbunan asam laktat yang menyebabkan kelelahan, perbaikan & penanganan kecederaan, menghindari/menghilangkan perlengketan jaringan [akibat cidera]. dll.

Ketika otot-otot kita menerima sports massage, asam laktat yang menempel pada otot-otot tersebut akan dipecahkan dan dilarutkan ke dalam pembuluh darah. biasanya asam laktat yang membuat pegal sering timbul di paha depan dan paha belakang [otot quadricep dan hamstring].

Laktat adalah zat yang ditimbulkan oleh tubuh kita akibat beraktifitas fisik, kontraksi otot yang berlebihan, atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Laktat bisa timbul di bagian manapun dalam seluruh tubuh kita.

Materi Pijat olah raga :

1. pengantar teori terapi sport massage
2. Anatomi, Fisiologi & Biomekanik sistem Muskuloskeletal
3. mengenal semua jenis cedera akibat kesalahan gerak & aktivitas Otot
4. Teknik manipulasi sport massage
5. Metode pendekatan Sweedian Massage & Sistem Agonis & Antagonis
6. Streching tendon otot & stabilisasi sistem gerak
7. Penanganan cedera karena kesalahan gerak :
penanganan kasus-kasus gangguan musculoskletal dan mobilitas sistem gerak..
- area cervicalis (kekakuan leher, keterbatasan gerak leher, nyeri leher, dislokasi tulang leher, sering pusing, penjalaran nyeri ke lengan, sulit menengok/salah bantal dll)
- area extimitas atas (cedera sendi-sendi jari, pergelangan tangan, siku/tennis elbow, torticolis, bahu tinggi sebelah, cedera lengan bahu, bahu susah digerakan /Frozen shoulder, epicondylitis baik lateral/medial)
- area punggung atas, tengah, bawah
- area vertebra thorakhalis depan
- area extrimitas bawah (nyeri pinggang, otot pantat, pangkal paha depan, hamstring, lutut, engkel/pergelangan kaki,keseleo, tumit & telapak kaki)
8. Metode penyembuhan cidera karena kesalahan gerak
9. Reposisi dan manipulasi sistem otot & gerak (Musculoskeletal)
10. PNF (proprloceptive Neuromuscular Facilitation) / penguatan otot
11. Keselamatan dan pencegahan cedera dalam berolahraga

Untuk pijat olah raga hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:
http://theraafiat.blogspot.com
http://senimistik.blogspot.com
http://therainstitute.blogspot.com
http://hypnoramping.blogspot.com
http://gurahcor.blogspot.com
http://pemijit.blogspot.com
http://bekammedik.blogspot.com
http://hypnowriting.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar