Kamis, 11 Oktober 2018

Pijat Olah Raga Di Kelapa Gading





Sejarah & Perkembangan Sport Massage

Dalam perkembangannya tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemeliharaan tubuh saja tetapi juga sebagai terapi pengobatan. Pertamakali sport massage diperkenalkan dan diaplikasikan untuk para olahragawan adalah negara Yunani dengan maksud untuk menjaga tingkat kebugaran para olahragawan.

Di Cina sekitar tahun 3000 SM khususnya dunia kedokteran tradisional, sport massage bertujuan untuk mengaktifkan sirkulasi darah dan hormonal, sebagai alat penenang (sedative), perangsang persyarafan dan sebagai sarana pengobatan bermacam penyakit.

Di Mesir kuno masih tercatat didinding bahwa massage merupakan metode pengobatan penyakit atau luka akibat kecelakaan atau peperangan (tercatat pada dokumen raja Fir’aun di relief, papyrus dan pada dinding gambar).

Herodicos seorang dokter dan pesenam Yunani menceritakan tentang pengaruh senam pengobatan dan latihan fisik serta massage dengan tujuan menyehatkan jiwa dan raga. Hipocrates seorang dokter dalam kedokteran modern mengenal dan mempelajari sport massage pada Herodicos dan menulis tentang pengaruh sport massage pada system fisiologis tubuh khususnya pada pasien luksasi / keseleo, fraktur / patah tulang dan pasien lain serta sport massage akan membuat system persendian akan menjadi kuat dan kemudahan untuk memobilisasi / menggerakkan persendian yang kaku.

Para dokter Yunani menggunakan sport massage untuk mempersiapkan fisik olahragawan sebelum bertanding dan untuk melawan tingkat kelelahan setelah latihan fisik yang berat. Para Aliptes / ahli massage olahraga biasa menggunakan minyak dan powder / tepung atau talk untuk memanipulasi / melulut atau memijat otot-otot olahragawan sedangkan olahragawan sendiri juga dibekali dengan ketrampilan sport massage mandiri / Automassage.

Sports massage adalah massage yang ditujukan untuk atlit setelah melakukan latihan atau pertandingan dengan intensitas yang cukup tinggi. Untuk seorang atlit yang ikut serta dalam kompetisi dengan jadwal pertandingan yang padat [jadwal bertanding, sports massage bisa merelaksasikan mereka supaya bisa beristrihat dengan baik karena dari pengalamannya banyak atlit yang sulit tidur karena badan terasa capai akibat tidak menerima treatment sports massage.

Untuk individu yang biasa atau bukan atlit, sports massage akan membantu melakukan relaksasi terhadap otot-otot, mengembalikan orang tersebut ke kondisi semula sesudah dipakai melakukan aktifitas yang cukup berat, berolahraga/beraktifitas beberapa hari berturut-turut.

"Bedanya sports massage sama massage biasa adalah sports massage lebih ditujukan ke manipulasi jaringan otot. Selain itu sports massage juga berfungsi untuk menghilangkan timbunan asam laktat yang menyebabkan kelelahan. Ketika otot-otot kita menerima sports massage, asam laktat yang menempel pada otot-otot tersebut akan dipecahkan dan dilarutkan ke dalam pembuluh darah. biasanya asam laktat yang membuat pegal sering timbul di paha depan dan paha belakang [otot quadricep dan hamstring].

Laktat adalah zat yang ditimbulkan oleh tubuh kita akibat beraktifitas fisik, kontraksi otot yang berlebihan, atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Laktat bisa timbul di bagian manapun dalam seluruh tubuh kita.

Sebenarnya tidak ada efek bila seseorang tidak melakukan sports massage. Namun fatigue (kelelahan) akan berlangsung lebih lama. Secara alamiah lama kelamaan asam laktat itu bisa tereliminasi / hilang dengan sendirinya, namun prosesnya lama. Sports massage bisa mempercepat proses penghilangan asam laktat tersebut.

sports massage bisa juga ditunjukkan untuk mereka yang terkena cidera, karena massage yang dilakukan dengan benar bisa menghindari/menghilangkan perlengketan jaringan [akibat cidera].

Untuk sport massage hubungi

Rumah Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247
Ibu Sholeh +62 896-2697-9941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar