Rabu, 15 April 2020

Stretching Sakit Pinggang


Sakit pinggang atau low back pain

Suatu kondisi umum yang menyakitkan yang mempengaruhi bagian bawah tulang belakang.
Nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh cedera otot (tegang) atau ligamen (keseleo). Penyebab umum termasuk cara mengangkat beban yang salah, postur tubuh yang buruk, tidak berolahraga teratur, fraktur, cakram pecah, atau artritis.

 Pinggang berfungsi untuk membuat tubuh seseorang bediri tegak, membuat pergerakan dan melingdungi beberapa organ penting dalam tubuh manusia serta sebagai penyangga berat badan pada saat sedang berdiri. Pada umumnya timbulnya nyeri pada bagian pinggang disebabkan karena adanya tekanan pada susunan saraf tepi atau karena saraf kejepit.
Terdapat beberapa yang memicu terjadinya low back pain atau nyeri pinggang ini yaitu sebagai berikut:
Peregangan tulang pinggang: cedera regangan pada bagian ligamentum (jaringan yang mengikat tulang belakang agar tidak terlepas satu dengan yang lain), tendon dan otot pinggang. Aktivitas peregangan tersebut akan menimbulkan luka kecil pada organ tersebut. cedera pada tulang pinggang ini disebabkan oleh pergerakan yang berlebihan dan pergerakan yang tidak benar/trauma. Jika peregangan tulang pinggang ini berlangsung selama beberapa minggu maka peregangan tersebut dikategorisasikan sebagai peregangan akut sedangkan jika peregangan tulang pinggang ini berlangsung lebih dari 3 bulan maka peregangan tersebut dikategorisasikan sebagai peregangan kronis.

 Penanganan dari nyeri pinggang sangat tergantung terhadap peyebab nyeri itu sendiri. Jadi penanganannya tidak bisa sembarangan atau harus sesuai dengan hasil diagnosa dan penyebab timbulnya nyeri pinggang pada seseorang agar mendapatkan penanganan yang baik dan sesuai dengan gejala yang ditimbulkan.

Pada umumnya nyeri pinggang ini akan membaik setelah beberapa hari istirahat dirumah selain itu anda juga dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit .

Selain daripada itu peregangan tubuh dirasa penting dan sangat membantu. Namun bila senam tidak juga meredakan sakit pinggang Anda. Silakan berkunjung ke :

Rumah Sehat Thera Afiat - Tangsel
Jl Kalasan B15/1
Saruapermai, Pamulang
Tangsel
Wa 08111494599

#sakitpinggang
#notaverrijpma
#Theraafiat

1 komentar: