Kamis, 30 Mei 2019

Sakit Pinggang Atau Low Back Pain





Sakit Pinggang atau Low Back Pain

Yang dimaksud sakit pinggang adalah suatu kondisi umum yang menyakitkan yang mempengaruhi bagian bawah tulang belakang.

Nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh cedera  atau ketrgangan otot atau ligamen keseleo. Penyebab umum diantaranya adalah  cara mengangkat beban yang salah, postur tubuh yang buruk, tidak berolahraga teratur, fraktur, cakram pecah, atau artritis.

Pinggang berfungsi untuk membuat tubuh seseorang bediri tegak, membuat pergerakan dan melingdungi beberapa organ penting dalam tubuh manusia serta sebagai penyangga berat badan pada saat sedang berdiri. Pada umumnya timbulnya nyeri pada bagian pinggang disebabkan karena adanya tekanan pada susunan saraf tepi atau karena saraf kejepit.

Cara sederhana menyelesaikan sakit pinggang adalah dengan cara stretching atau melakukan peregangan low back stretch. Caranya dengan tangan kiri ditempelkan pada dinding demikian juga tangan kanan. Hanya saja tangan kanan posisinya di atas kepala seperti terlihat pada gambar low back stretch. Lama waktunya cukup satu menit dan dilakukan  sebaliknya bergantian.

Wide Child Pose : 1 Menit
Tekuk lutut dan lebarkan sedikit sampai terasa nyaman. Ikuti gerakan seperti gambar. Posisi dahi menempel matras. Napas sampai 3 tarikan napas atau satu menit.
Manfaat untuk : terapi sakit pinggang dan pinggul pegal.

Cat pose :  1 menit
Membantu menyembuhkan sakit pinggang dan punggung. Gerakannya seperti kucing meregangkan punggung (ngulet). Waktunya 30 detik atau setengah menit.

Cobra : 1/2 sampai 1 menit
Gerakan ini baik untuk memperbaiko tulang belakang dan mengecilkan perut. Bisa dilakukan sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Dimulai dari berbaring tengkurab. Kemudian taroh tangan dibawah bahu.  Dan mulai tarik badan ke atas seraya bertumpu pada tangan. Lakukan gerakan ini sambil tarik napas.

Seated Spinal Twist 1/2 s/d 1 Menit
Dimulai dengan posisi duduk bersila kemudian dengan memutarkan pinggang ke kiri. Tangan kiri menyentuh lantai dan tangan kanan berada di atas lutut kiri. Dan sebaliknya. Diamkan selama 1/2  sampai dengan 1 menit sambil menarik napas panjang. Gerakan ini bisa untuk detoksifikasi tubuh. Dan membantu limpa membersihkan racun di dalam tubuh.

Apabila Anda sakit pinggang lakukan gerakan di atas atau untuk terapi sakit pinggang / low back pain bisa hubungi :

 Rumah  Sehat Thera Afiat
Jln. Kelapa Sawit Raya Blok Dd No.15
Kelapa Gading.
Jakarta utara.
Telp.   08111494599
087883171247



Tidak ada komentar:

Posting Komentar