Minggu, 01 April 2018

Hubungan Sakit Leher dengan Usus Kecil


PALPASI MERIDIAN USUS KECIL

Area diagnosa untuk palpasi pada meridian Usus Kecil adalah area sekitar SI-16 Tianchuang dimana arteri cervical dapat dirasakan.

Palpasi pembuluh darah
Jika pulsasi pada area SI-16 Tianchuang terasa superficial dan besar,ini mengindikasikan kondisi seperti sakit kepala karena serangan Angin eksternal; jika terasa dalam bisa mengindikasikan urinary patologi seperti retensi kencing. Jika cepat,ini menandakan kondisi Panas pada Usus Kecil dg gejala-gejala seperti rasa terbakar saat kencing; jika lambat,ini menandakan kondisi Dingin dg gejala-gejala seperti sering kencing berwarna pucat. Jika pulsasi terasa kosong,ini menandakan kondisi kosong pada Usus Kecil dg gejala-gejala kencing,dan jika terasa penuh adalah kondisi Penuh dg stagnasi dan nyeri abdomen atau retensi kencing.

Palpasi pada kulit
Temperatur
Jika kulit pada area SI-16 Tianchuang terasa panas,ini mengindikasikan kondisi Panas pada meridian yang sering menyebabkan tonsilitis atau infeksi telinga; jika terasa dingin menandakan kondisi Dingin pada Usus Kecil dg borborigmus dan diare.
Tekstur
Jika kulit pada area yg sama terasa lembek,ini mengindikasikan kondisi Kosong pada Usus Kecil dg gejala-gejala seperti kencing sering pucat. Jika kulit terasa kasar dan keras menandakan kondisi Penuh pada Usus Kecil,sering dg gejala seperti leher kaku dan nyeri.
(Maciocia,Diagnosis in Chinese Medicine hal.532) sourcebagus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar