Rabu, 18 Februari 2015

Meridian

Meridian adalah saluran energi yang esensial (chi/Prana)  dalam tubuh.
Ada enam pasang  titik Yin dan enam pasang titik Yang dan dua titik tunggal yang berada di tengah badan, naik dari area bawah badan ke kepala. Satu di bagian depan dan satunya lagi di bagian belakang.  Yang depan disebut saluran konsepsi dan berakhir tepat di bibir bagian bawah. Yang di bagian belakang  disebut saluran pengatur dan berakhir tepat di bibir bagian atas.

Tiga dari meridian Yin naik dari tungkai di sepanjang bagian depan tubuh, dan tiga lainnya menyamping dari area dada (pektoral) melalui bagian dalam lengan dan jari tangan.

Tiga yang mengalir dari berbagai bagian kaki  dan jemari kaki di sepanjang tungkai dan naik ke bagian utama tubuh yakni :  meridian limpa, ginjal, dan hati. Tiga lainnya yang mengalir di sepanjang bagian dalam lengan, adalah meridian paru-paru ke ibu jari, meridian hati ke kuku jari kelingking, dan meridian pembungkus jantung (perikardium) ke jari tengah.

Ada juga dua jenis meridian Yang, tiga pasang yang turun dari kepala di sepanjang tubuh dan tungkai, dan tiga lainnya yang dari jemari di sepanjang bagian luar lengan sampai kepala.

Meridian yang mengarah turun di sepanjang tubuh dan tungkai adakah : meridian lambung, yang ada di bagian depan tubuh dan dimulai tepat di bawah mata, di tengah, dan di tepian tulang yang membentuk lubang mata dan turun di sepanjang bagian depan tubuh dan bagian depan tungkai  ke kaki.

Meridian kandung kemih, yang dimulai pada salauran air mata dan naik ke kepala ke sisi belakang kepala, dan setelah leher, terpisah menjadi dua bagian di sepanjang punggung ke bagian  belakang lutut, turun sampai ke jari kelingking kaki.

Meridian kantung empedu dimulai dari bagian luar tepian lubang mata, tepat di bawah titik ujung alis, dan turun ke belakang telinga sepanjang leher ke bahu (zig-zag di sepanjang bagian luar tungkai) dan lurus sepanjang bagian luar  tungkai) dan terus lurus sepanjang bagian luar dari tungkai turun ke kelingking  kaki.


Untuk info Accupressure hubungi :

Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kelapa Sawit Blok D/D No. 15
Samping Pusat Kajian Al Quran dan Informasi Islam
Kelapagading
Jakarta Utara

Telp./WA  08111494599
08788 3171247
Pin 28303BAC

Source:
Dolorez Rondriguez, All You Wanted To Know Abaout Akupressur, Jakarta, BIP Kelompok Gramedia, 2002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar